Windows

Proteksi Enkripsi File di Windows XP

Didalam postingan tentang NTFS File System sudah kita ketahui jika NTFS memiliki berbagai kelebihan antara lain tersedianya fitur enkripsi file. Suatu folder atau file di komputer yang sudah kalian enkripsi, pastinya memiliki encrypt attributes, cuma dapat dibuka didalam komputer itu oleh user account kalian. Dibawah ini antara lain cara tuk membuat suatu folder atau file yang sudah terenkripsi:

  1. Klik kanan di folder atau file yang mau kalian enkripsi, lalu pilih Properties
  2. Pilih tombol Advanced tuk membuka jendela advance attributes file itu, lalu klik pilihan Encrypt contents to secure data
  3. Klik OK 2 kali. Selesai

File itu sudah terenkripsi dan dicap dengan nama file itu yang berganti jadi hijau di Windows Explorer.

Catatan tambahan: Lantaran file cuma bisa dibuka oleh account kalian di komputer itu, maka bila hardisk yang menjadi wadah system operasi windows di format ulang, maka file itu tak bisa dibuka. Tuk mengatasinya kalian harus bakcup lebih dulu encryption key user account kalian dan restore ulang.

Merubah Tampilan Ikon Folder

Suatu folder digunakan menjadi wadah yang bisa berisi file-file dokumen ataupun beberapa sub – folder lainnya. Dengan tersedianya folder ini kalian bisa membuat kategori data-data sehingga kalian bisa membuat struktur file dan folder dengan jelas. Sebagai identifikasi folder kalian memberi nama terhadap folder itu yang sesuai dengan isi file yang ada didalamnya.

Tuk mempercantik dan mempermudah identifikasi folder, kalian bisa merubah tampilan ikon folder itu dengan gambar pribadi opsi kalian sendiri. Bisa dilihat caranya:

  • MDalam suatu kasus, kita ambil keputusan untuk membuat folder di disk C:\DATA_PRIBADI
  • Siapkan file image dalam format .bmp. Kalau sudah ada image didalam format lain misalnya .jpg bisa dirubah dengan memakai MS Paint, caranya klik menu start di search ketik: mspaint
  • Buka aplikasi Notepad

Ketik baris perintah dibawah tuk cara selanjutnya:

[.ShellClassInfo]

IconFile = C:\DATA_PRIBADI

IconIndex = 0

Save file itu dengan nama kalian sukai di folder disk C:\DATA_PRIBADI. Beri attribut system terhadap folder itu dengan klik menu start dan di search ketik: ATTRIB +S “C:\DATA_PRIBADI”. Selesai, dan kalian bisa melihat ikon baru tuk folder C:\DATA_PRIBADI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.